Rabu, 16 September 2015

Optimasi SEO Onpage

Optimasi SEO Onpage-Perkembangan web development terus meningkat seiring dengan pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Hal ini mendorong para pengguna internet untuk ikut turun meramaikan kancah perbloggeran di Indonesia, mereka tidak mau hanya menjadi penonton. Karena memang di zaman digital saat ini dibilang blog merupakan kebutuhan untuk setiap orang, minimal yakni blog personal.

Cara Optimasi SEO Onpage pada blog
Jika sobat sudah mempunyai blog, baik personal maupun jenis blog lainnya. Tentu sobat menginginkan blognya terindex dengan baik di mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Karena seperti kita ketahui bahwa pengguna situs mesin pencari merupakan potensi pengunjung yang paling besar atau biasa disebut traffic organik. Dimana blog yang berada di halaman pertama mesin pencari nantinya akan kedatangan traffic melimpah. Inilah yang membuat para blogger berlomba-lomba mengoptimasi blognya.

Pengertian SEO On-Page

Teknik SEO On Page merupakan penggunaan Teknik SEO yang dilakukan secara internal dalam halaman blog. SEO On Page merupakan salah satu teknik optimasi mesin pencari untuk meningkatkan posisi situs sobat di peringkat pencarian sehingga bisa menempati posisi terbaik. Penerapan optimasi seo onpage bisa dilakukan lansung di dalam situs sobat seperti mengotimalkan penulisan konten dengan memperhatikan penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci serta meta tag.

Teknik SEO Onpage adalah usaha optimasi yang dilakukan pada atribut-atribut dalam sebuah halaman blog / website. Tujuan optimasi SEO onpage adalah meningkatkan nilai blog / website di mata robot algoritma search engine. Substansinya yakni agar search engine dapat lebih baik dalam mengindeks dan menulusuri setiap struktur halaman website /blog.

Mengoptimalkan SEO On-page

Untuk Mendapakan SERP di halaman pertama adalah salah satu dambaan semua pemilik website atau blog. Optimasi SEO Onpage ini sangatlah populer dan wajib diketahui oleh pemilik blog terutama bagi kalian yang baru saja memulai untuk belajar blogging selain cara menulis konten dan design blog. Kita harus tahu atribut untuk mengoptimalkan seo onpage ada banyak sekali mulai dari membuat anchor link yang menuju ke halaman artikel kita, membuat alt gambar, membuat tag yang header dan masih banyak lagi.

Melakukan optimasi seo on page tidaklah sulit. Pahami artikel ini langkah demi langkah dan pastikan sobat menerapkan nya dengan benar agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal yang efeknya alexa rank bisa lebih ramping (bukan akibat diet....!).

1. Original Content ( Membuat konten yang berkualitas )

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan SEO on page adalah dengan konten yang berkualitas. Bagaimana sih ciri konten yang berkualitas itu ? Sebenarnya konten yang berkualitas itu adalah konten yang berisi artikel artikel bermanfaat dengan kata tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek dan mudah untuk dipahami. Intinya buatlah artikel untuk pembaca bukan untuk mesin pencari, maksudnya artikel yang sobat buat usahakan dikuasi terlebih dahulu dan artikel tersebut di rasa bermanfaat buat orang lain. Buatlah konten yang unik dan menarik minimal 400-500 kata (jangan pelit menulis artikel) dengan memperhatikan penempatan kata kunci serta kepadatannya karena konten yang unik dan original sangat disukai mesin pencari.

2. Judul Halaman Dan Judul Artikel (Optimasi tittle tag)

Judul halaman merupakan nama dari blog kita dan biasanya atribut ini ditandai dengan H1 atribut ini sangat penting sekali untuk mengatakan ke robot text bahwa blog ini mempunyai brand atau nama, kalau kita mengabaikan atribut ini tentunya buat robot txt akan bingung menentukan blog kita dipencarian, saran saya beri nama blog yang banyak dicari oleh pengguna internet agar mudah menemukan blog kita.

Judul artikel merupakan atribut template yang kedua setelah atribut judul halaman, atribut ini biasanya ditandai dengan h2 untuk blogspot dan juga h2 dipakai untuk judul sidebar, untuk wordpress biasanya menggunakan h1, untuk kasus ini saya akan bahas dilain waktu kenapa penggunaan H1 dipakai untuk judul artikel di wordpress, jadi kesimpulannya tag-tag ini digunakan untuk nilai kepentingan data untuk robot taxt.

Tittle atau judul merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah artikel, karena umumnya yang di cari pada mesin telusur adalah judul halaman atau judul artikel sebelum membaca artikel sobat secara keseluruhan. Saat membuat judul artikel sebaiknya sobat menyisipkan kata kunci yang di bidik pada artikel tersebut. Misalnya sobat akan membahas tentang cara membuat blog. Kata kuncinya adalah cara membuat blog, pada judul artikel sobat bisa buat : cara membuat blog di blogspot terbaru. Jadi seperti contoh tadi ada penyisipan kata kunci di judul artikel. Selain itu perhatikan juga tittle tag pada bagian <head> biasanya berada pada sub <title> judul blog </title> sobat ganti judul blog dengan nama blog sobat. Membuat judul halaman yang merupakan juga judul postingan yang menarik dan unik yang mencerminkan isi keseluruhan konten dengan menempatkan target keyword di dalamnya.

3. Deskripsi (Buatlah meta deskripsi pada artikel)

Meta deskripsi merupakan deskripsi atau gambaran tentang artikel yang dibahas pada blog sobat, ini bertujuan untuk memberitahukan pengunjung bahwa apa saja pembahasan pada artikel yang sobat buat. Sobat bisa membuatnya dengan klik deskripsi penelusuran pada bagian kanan halaman posting, sobat isi minimal 150 karakter. Dan pada saat membuat meta deskripsi sisipkan juga kata kunci pada artikel sobat. Deskripsi halaman merupakan uraian singkat dari artikel yang di tulis dan harus deskriptif hingga 150 karakter dan unik untuk setiap halaman.

4. Format (Penulisan Pada Artikel)

Sebuah halaman perlu diformat dengan benar. Anggap saja seperti laporan yang perlu memiliki heading (h1) dan sub judul (h2). Bagian penting dari laporan yang disorot dengan huruf tebal, garis bawah atau huruf miring hal ini akan memberikan pendekatan yang kuat bagi mesin pencari.

5. Gambar (Tambahkan gambar pada Artikel)

Gambar juga merupakan komponen dalam optimasi SEO on page dan memberikan kontribusi yang penting . Dengan adanya gambar pada artikel, maka akan lebih memperjelas pembahasan pada blog sobat. Yang perlu diperhatikan disini adalah pada saat memasang gambar pada artikel sobat jangan lupa untuk menambahkan atribut tag (Alt Tag) dan alt tag pada gambar sebagai deskripsi gambar tersebut supaya lebih SEO friendly. Jika masih kurang jelas sobat bisa membaca artikel "Optimasi seo onpage pada gambar" dalam artikel tersebut saya jelaskan dengan detail cara optimasi seo pada gambar.

6. Permalink Dan Internal Link (Pasang link internal pada artikel)

Apa yang dimaksud dengan link internal ? link internal merupakan link yang mengarah pada artikel sobat yang lainnya. Sehingga memudahkan pengunjung untuk melihat dan membaca artikel sobat yang lainnya, dengan begitu pengunjung akan berlama-lama pada blog sobat dan itu bagus untuk meningkatkan posisi blog pada mesin pencari. Internal link merupakan link-link yang menju ke artikel anda yang lain memiliki topik yang masih berhubungan. Laba-laba mesin pencari akan mengikuti semua link yang mereka temukan sehingga semua halaman akan cepat terindex. Dengan teknik ini juga akan meningkat page view blog. Permalink adalah URL dari setiap halaman dan harus kurang dari 255 karakter.

7. Breadcrumb

Sebuah breadcrumb juga penting untuk semua halaman blog sobat karena atribut ini yang akan mendata halaman kita dan breadcumb oleh google atau search engine yang lain sangat dianjurkan untuk data markup, untuk menerapkan breadcump di blogspot silahkan kunjungi cara membuat breadcumb yang capat terindex dipecaraian dan untuk pengguna wordpress sobat bisa terapkan atribut breadcumb dari yoast.

8. Halaman Sitemap

Salah satu pilihan dalam menu utama harus memiliki halaman sitemap. Ini adalah file html yang mewakili struktur dari situs sobat. Kunjungi halaman sitemap pada blog ini untuk melihat contohnya.

9. Kecepatan loading situs

Hal ini juga memberikan kontribusi dalam hal optimasi seo on page.

Nah itulah beberapa teknik dasar yang menjadi acuan dalam melakukan Optimasi SEO Onpage yang harus sobat pahami. Jika sudah menyelesaikan semua poin-poin diatas maka blog sudah cukup seo friendly dari segi onpage. Yang harus sobat lakukan adalah untuk menjaga agar anda tidak memasang widget yang tidak penting dan jangan lupa unuk membuat artikel yang berkualitas agar blog anda lebih disukai Google serta Terapkan Optimasi SEO Offpage. Semoga bermanfaat dan blog anda mudah diindeks Google.

Baca Juga :