Tuesday, October 20, 2015

Membuat Artikel Pilar Dan Manfaatnya

Membuat Artikel Pilar Dan Manfaatnya-Sobat mungkin Sering sekali mendengar tentang bahwa konten adalah raja (content is king). Ya, konten adalah raja karena untuk mendapat uang lewat blog kita butuh banyak trafik, dan generator trafik terbaik adalah konten. Konten yang menjadi generator trafik seperti itu adalah artikel pilar. Apa itu artikel pilar?, Apa keuntungan artikel pilar?.

Apa Itu Artikel Pilar dan Bagaimana membuat artikel pilar serta manfaatnya
Untuk anda ketahui bahwa ternyata secara garis besar konten atau artikel pilar berperan untuk menolong artikel-arttikel yang lain dalam satu blog atau web dan artikel ini mempunyai kedudukan tinggi dari pada artikel-artikel yang lain.

Sering sekali para mania seo mengucapkan bahwa posisi artikel pilar ini haruslah mempunyai posisi yang baik di serp paling tidak harus berada di halaman pertama. yang jadi pertanyaannya apakah bisa artikel pilar kita mendapatkan halaman pertama mesin pencari? tentu saja bisa, namun perlu di kaji lagi bahwa artikel pilar sendiri sebelumnya harus lulus dari beberapa pengujian di antaranya adalah
  1. Panjang artikel
  2. Keyword yang tepat
  3. Penempatan Keyword
  4. Judul artikel
  5. dan Pembahasan yang mendalam (inti pokok dari artikel yang sobat bahas dan cara penyelesaiannya)
Dari lima unsur di atas adalah cara membuat artikel pilar atau konten pilar. tanpa ada landasan yang tepat tentunya konten pilar tidak akan membuahkan hasil apa-apa, konten pilar sendiri mempunyai kriteria natural tidak sobat penekanan dalam istilah keyword atau bahasa kasarnya sering mengulang-ngulang keyword dalam satu artikel. Untuk itu jika ingin membuat artikel pilar sebaiknya sobat perhatikan dahulu sebelum membuat.

Apa Itu Artikel Pilar? 

Artikel atau konten Pilar merupakan Menilik arti bahasanya, pilar berarti tiang. Fungsi tiang tentunya untuk menjadi penopang sebuah bangunan agar tidak mudah runtuh. Makin banyak tiang, sebuah bangunan menjadi makin kokoh dan kuat.

Menurut definisi saya pribadi, artikel pilar yaitu artikel yang panjang dengan jumlah kata antara 1000 hingga 1500 bahkan bisa lebih yang berfungsi untuk membangun sebuah blog agar kuat dan kokoh.

Ciri-ciri Postingan Pilar

Apa itu artikel pilar? Sepanjang yang saya tahu, postingan pilar adalah postingan yang memiliki 6 ciri berikut:
  1. Terstruktur dengan baik dan memiliki lebih dari 750 kata
  2. Memberikan manfaat (nilai) bagi pembacanya
  3. Tidak ada batas waktunya.
  4. Asli (bukan copy paste) dan unik
  5. Banyak di-backlink oleh blog lain
  6. Menghasilkan banyak trafik dari mesin pencari (dampak dari banyaknya di-backlink)
Artikel atau konten Pilar di ciptakan bukan secara instant tapi lebih dari konten biasa yang kita buat, pembahasannya pun sangat mendalam dari awal membuat kata pembuka sampai dalam pembahasan dan terakhir pada penutup. semua ini harus di lakukan secara teliti dan tidak ceroboh. Berbeda dengan postingan biasa, kita membutuhkan waktu dan energi lebih banyak dalam dalam membuat postingan pilar. Mengapa? Ini karena kita mesti menelusuri dan menelaah beragam sumber, serta melakukan riset online. Lamanya waktu ini bersifat relatif. Beberapa blogger dunia menyebutkan bahwa mereka perlu waktu 3-7 hari untuk membuat sebuah postingan pilar.

Keuntungan dan Manfaat Artikel Pilar Pada Blog

Mungkin sobat berpikir bahwa untuk apa mendedikasikan waktu seperti itu untuk sebuah postingan. Jika demikian, sobat simak pepatah berikut : you get what you pay for?. Ya, waktu dan energi yang sobat keluarkan akan sepadan dengan keuntungan yang diperoleh. Berikut keuntungan-keuntungan yang akan sobat peroleh jika Anda membuat postingan pilar.

1. Membentuk kredibilitas

Ketika pengunjung membaca postingan pillar sobat, mereka akan terkesan dan besar kemungkinan mereka akan berpikir begini: “Wow. Ini mengagumkan dan bermanfaat sekali. Saya akan mem-bookmark postingan ini dan memberitahukannya kepada pembaca blog saya dengan cara membacklinknya”. Meniru pernyataan dari sebuah sebuah iklan, postingan pilar sobat memberikan kesan pertama yang begitu menggoda. Selanjutnya mereka akan berkunjung lagi dan lagi. Inilah apa yang disebut kredibilitas (kepercayaan) kepada blog sobat. Kredibilitas ini penting karena menunjang kesuksesan sebuah blog.

2. Trafik jangka panjang

Dalam jangka waktu yang panjang, postingan pilar akan menguntungkan sobat karena menghasilkan trafik. Dua alasan utamanya adalah di bawah ini.
  1. Menempati posisi yang baik (umumnya posisi satu) di mesin pencari untuk kata kunci yang dibidik karena banyak di-backlink oleh blog lain.
  2. Masih menarik dan relevan dibaca oleh pengunjung di masa mendatang karena sifatnya yang tidak kedaluarsa.
3. Lebih cepat merampingkan Alexa

Jika blog sobat tergolong masih baru, saya sarankan untuk membuat minimal 1 buah artikel pilar setiap hari. Setelah 20 hari maka 20 buah artikel pilar telah sobat buat. Tak kurang dari satu bulan akan sobat rasakan perubahan rank Alexa pada blog sobat.

4. Memperkaya variasi keyword pada artikel

Variasi keyword membuat artikel tidak di cap sebagai aksi spam oleh google. Pengulangan kata kunci memang perlu. Namun tidak di anjurkan jika terlalu berlebihan. Untuk itu harus pandai membuat berbagai bentuk variasi kata dari keyword yang akan dibidik. Artikel yang panjang akan memberi banyak ruang untuk membuat bermacam variasi keyword pada tulisan.

Jika sobat ingin serius menekuni dunia blogging, pahami Membuat Artikel Pilar Dan Manfaatnya. Memang sangat susah jika semuanya tidak di mulai dari sekarang. Menyajikan sebuah artikel pilar butuh ketelatenan. Namun percayalah, semuanya akan terbayar dengan popularitas yang akan sobat dapatkan. Saat pembaca menemukan informasi yang lengkap, informatif dan menarik dari artikel sobat, mereka akan segera mengingat blog sobat. Tentunya tidak menutup kemungkinan akan adanya kunjungan kedua, ketiga dan seterusnya. Apakah sobat ingin membentuk kredibilitas dan memperoleh trafik jangka panjang? Jika ya, apa yang sobat tunggu lagi?