Kamis, 10 Maret 2016

Mengenal Teknik SEO Link Wheel

Mengenal Teknik SEO Link Wheel - Teknik SEO dengan link wheel ini bisa juga dikatakan sebagai teknik SEO advanced. Bisa di artikan bahwa Teknik SEO link wheel adalah salah satu teknik SEO advanced dengan cara menghubungkan halaman – halaman website lain menuju website utama melalui tautan dengan anchor text tertentu dengan pola berbentuk seperti roda. Dan teknik SEO ini merupakan teknik SEO Offpage, yang membedakan dengan backlink biasa atau backlink dengan linkbaiting adalah optimasi keyword dengan membangun link atau link building pada link wheel tersebut sehingga akan menguatkan keyword utama yang ingin sobat tembak (perhatikan ilustrasi teknik seo link wheel pada gambar).

Mengenal Teknik SEO Link Wheel


Pada artikel terdahulu sudah pernah saya singgung tentang Membangun Blog Dengan Cara Teknik SEO Linkwheel, namun kembali akan saya bahas kembali pada artikel in. 

Membangun Link Wheel Dengan Web 2.0

Secara umum Web 2.0 merupakan sistem yang memungkinkan terjadinya interaksi di antara pemakainya. Bukan saja "dialog" antara visitor dengan adminnya, tapi interaksi sesama tamu pun bisa terjadi. Bahkan ada komunikasi antar website, antara lain dengan adanya trackback, pingback, dsb. Contoh web 2.0 adalah Squidoo[dot]com, WordPress[dot]com, Blogger[dot]com, HubPages[dot]com, Weebly[dot]com, EzineArticles[dot]com. Jika masih kurang sobat juga bisa mencoba Quizilla[dot]com, Vox[dot]com, Ever[dot]com, Wetpaint[dot]com, Flickr[dot]com , Blogsome[dot]com, LiveJournal[dot]com, Friendster[dot]com, dan Gather[dot]com. So dengan membuat link wheel pada web 2.0 sangat disarankan oleh master-master seo karena semakin memudahkan kita untuk melakukan optimasi pada keyword utama.

Jika sobat sudah melihat ilustrasi gambar teknik seo link wheel diatas maka itu adalah salah satu contoh link wheel yang sangat sederhana. Jika persaingan keyword sangat kompetitif diperlukan sedikit kreatifitas untuk membuat link wheel seperti gambar di bawah. Menurut saya, semakin rumit wheel tersebut maka semakin bagus hasilnya.
Mengenal Teknik SEO Link Wheel

Selain pola roda yang digunakan dalam teknik seo link wheel ini, sobat juga bisa menggunakan teknik seo link wheel dengan pola piramid. Pola ini adalah salah satu pola modern link wheel. Perhatikan gambar di bawah ini. 

Keterangan :

Merah = Blog Utama
Biru = Dummy Blog Level 1
Hijau= DUmmy Blog Level 2

Gambar teknik seo link wheel diatas adalah link wheel dengan 3 level dengan pola piramid dimana akan berakhir di puncak piramid yang mengandung keyword utama. Merah sebagai web atau blog utama yang ingin dioptimasi, biru adalah blog dummy level 1, dan hijau adalah blog dummy level 2.

Jika persaingan keyword atau kata kunci sangat tinggi maka sobat bisa melakukan penambahan wheel pada pola piramid tersebut sehingga akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


Dari gambar diatas perbedaan dengan pola piramid sebelumnya adalah tiap level memiliki wheel atau roda sendiri sehingga bisa menguatkan keyword turunan dari keyword utama sobat. Teknik ini adalah teknik lanjutan dari trik pertama. Teknik ini bisa disebut teknik defense atau bertahan karena memang sangat bagus untuk menjaga posisi blog kita tetap di puncak SERP. Dalam trik ini hanya membuat Wheel pada setiap dummy di masing-masing level. 

Teknik SEO Link Wheel Untuk Kontes SEO

Jika sobat sedang mengikuti Kontes SEO, sobat juga bisa menggunakan teknik seo link wheel ini. Seperti beberapa kontes yang sedang saya ikuti yaitu Kontes SEO HIT dengan keyword HIT Obat Nyamuk dan Kontes SEO Dari Jasapindah dot id dengan keyword Tips Memilih Jasa Pindah Di Jakarta.

Tips-tips.
  • Jika menggunakan teknik ini pada kontes, maka gunakan blog yang mempunyai kadar seo paling bagus. Karena jika blog yang menjadi target utama kualitas seo nya kurang bagus akan berdampak pada posisi di SERP. Blog tersebut kadang berada dibawah dummy dan lumayan sulit untuk menaikanya.Untuk mencari blog yang seonya paling bagus, dapat agan coba sedikit tips berikut:
  • Pilih 1-3 blog, utamakan blog yang agan kelola dan terupdate. Kemudian buat postingan sesuai judul keyword pada kontes pada masing-masing blog. Tunggu beberapa hari agar blog di index dan jangan lakukan optimasi apapun pada blog-blog tersebut. Setelah kira-kira 2-3 hari, cek dengan keyword yang dilombakan dan lihat mana dari blog-blog itu yang posisinya paling bagus. nah itu adalah blog yang siap di optimasi.
  • Selesaikan teknik diatas secara bertahap dan jangan diselesaikan dalam satu hari. Hal ini dimaksudkan agar si google bisa meng-index seluruh dummy secara sempurna dan menghindari Pinalty. Ibaratkan menyuapi bayi, pelan-pelan, sedikit demi sedikit dan jangan terburu-buru, maka sang bayi akan senang dan menghabiskan makananya tanpa ada yang tersisa.
  • Bookmarking. nah ini juga lumayan bagus untuk menjaga performa blog dummy. Saran cukup bookmark artikel utama dan dummy level 2 saja agar nggak capek. Jika sampeyan kuat jarinya, ya silahkan bookmark semuanya dan itu lebih bagus.
  • Jika sampeyan kekurangan blog untuk membuat dummy, nih ane berikan sedikit portal blog yang domainya maknyuss buat seo. Blog-blog berikut sangat bagus untuk membuat dummy level 2.
  • Rooling. maksudnya, jika agan mengikuti beberapa kontes seo sekaligus, jangan gunakan satu blog sebagai blog utama. Gunakan blog lain meskipun seonya kurang bagus. Kenapa? Hal ini dimaksudkan untuk menghindari backlink monoton dan mengarah ke spamming.
Kelemahan Teknik SEO Link Wheel

Kelemahannya tentu saja sifatnya yang sangat melelahkan. Selain itu untuk membuat link wheel yang benar-benar bagus jangan sampai ada link yang putus baik di level 1 maupun level 2 dan seterusnya. Kelemahan lainya adalah
  • Riskan Jika satu link terputus, maka seluruh jaringan akan amblas di serp, ini sering saya alami saat menggikuti Kontes SEO.
  • Repot alias Butuh banyak resource untuk bikin wheel nya
  • Ruwet. Harus bikin skema n rancangan yang detail biar gak bingung nantinya. Klo cuman 1-20 situs sih mudah, tapi klo dah ratusan situs ya pusing cuey
  • Rewel. Kalau ini tergantung blog masing-masing. Untuk blog ane kadang malah dibawah blog support posisinya di serp jika menggunakan trik ini.
Kalau kelebihanya pasti kuat di serp dan semua blog dalam jaringan tersupport sehingga dengan optimasi satu blog semua juga ikut teroptimasi secara tidak langsung. Bagaimana? penasaran? Silahkan anda coba dan buktikan hasilnya Mengenal Teknik SEO Link Wheel. Semoga bermanfaat.

Kursus SEO