Kamis, 26 Januari 2017

Dasar-Dasar Marketing Digital untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Kecil

Pemasaran digital memang penting di zaman sekarang. Dengan para kompetitor maupun pelanggan yang senantiasa terhubung secara online, pemasaran digital adalah satu-satunya cara untuk tetap memimpin.

Jika Anda adalah pemilik bisnis kecil, tentu dunia online akan terlihat megintimidasi. Tetapi, dengan teknik yang tepat, bisnis Anda dapat tetap tumbuh di media online.
Dasar-Dasar Marketing Digital untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Kecil

Berikut ini adalah 5 strategi dasar pemasaran digital yang saya ketahui dan dapat diterapkan pemilik bisnis manapun untuk menumbuhkan usahanya.

1. Menetapkan Tujuan

 
Anda harus mencari cara agar bisnis kecil Anda tumbuh. Anda dapat memutuskan mencari pelanggan lebih banyak, dikenali lebih banyak orang ataupun jika Anda ingin terlihat lebih maju dari kompetitor Anda. Apapun yang Anda butuhkan, memulai dengan tujuan yang solid dapat meningkatkan kesempatan sukses secara signifikan.

Pemasaran digital adalah cara yang tepat untuk memakmurkan bisnis kecil, tetapi memulai proses secara membabi buta hanya akan membuat berantakan urusan Anda. Banyak sekali strategi dan taktik dalam bidang pemasaran digital, dan memiliki tujuan dapat membantu Anda menemukan hal yang harus diprioritaskan.

2. Membuat Lapak Marketing
Bisnis yang paling sukses haruslah memiliki lapak yang efektif. Lapak pemasaran dapat digunakan untuk memetakan “perjalanan” pelanggan Anda, dari posisi mereka sebagai pelanggan yang sama sekali asing sampai menjadi pelanggan setia, lalu menempatkan sejumlah strategi yang tepat yang akan membuat mereka menjelajahi lapak Anda lebih jauh.

Hal-hal semacam lead magnet, CTA, dan penawaran diskon adalah elemen yang efektif. Ada 4 elemen lapak atau channel marketing antara lain : kesadaran, ketertarikan, keinginan, dan tindakan.
  • Kesadaran

    Pelanggan potensial memiliki kesadarann akan produk atau jasa Anda. Mereka masih asing, tetapi datang ke website Anda dengan alasan tertentu. Mereka dapat mencari sesuatu yang dibutuhkan. Di sini Anda akan berusaha menarik pelanggan dengan menunjukkan apa yang Anda miliki. Gunakan lead magnet atau CTA untuk memberikan pelanggan sumber daya yang berharga terkait produk atau jasa Anda, dengan catatatn mereka bersedia memberikan informasi tentang dirinya. Gunakan informasi tersebut untuk mengetahui alasan pelanggan datang ke website Anda.
  • Ketertarikan

    Pelanggan dapat menunjukkan ketrtarikan pada produk Anda. Disini Anda dapat memberikan informasi produk yang mana telah disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka. Tunjukkan bahwa Anda tidak saja tertarik dengan kebutuhan mereka, tetapi juga bahwa Anda memiliki seuatu yang betul-betul memenuhi kebutuhan secara spesifik.
  • Keinginan

    Pengunjung telah tertarik dengan produk Anda, sekarang setelah Anda memberikan informasi yang spesifik mengenai produk yang mereka butuhkan, mereka akan menemukan produk atau jasa yang sesuai dengan situasinya sekarang. Sarankan mereka untuk berkonsultasi menggunakan email atau CTA. Di sini Anda dapat mengenalkan mereka lebih jauh tentang produk yang menarik bagi mereka. Tunjukkan mengapa mereka membutuhkannya dan bagaimana mendapatkan keuntungan penuh dari produk tersebut.
  •  
  • Tindakan

    Disini Anda dapat mengarahkan pengunjung untuk melakukan pembelian. Anda dapat mulai mengubah pelanggan potensial Anda menjadi pelanggan setia. Anda telah memberika informasi yang berharga bagi mereka, menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan kebutuhannya, dan tunjukkan bahwa Anda memiliki produk yang akan menguntungkan mereka. Sisanya sekarang adalah mendiskusikan harga, cara pembayaran dan aspek-aspek lain yang relevan dengan transaksi jual beli.
Memiliki lapak yang efektif juga dapat membuat pelanggan Anda membeli berkali-kali. Jika pelanggan Anda memiliki pengalaman yang baik selama transaksi, mereka akan kembali membeli dari Anda dan bahkan ikut mempromosikan orang lain tentang bisnis Anda.

Elemen-elemen lapak pemasaran ini dapat terlihat rumit, tetapi pada kenyataannya adalah konsep sederhana yang dipecah menjadi beberapa bagian. Nomor 3, 4, dan 5 setelah ini dapat membantu menjabarkan lebih jauh aspek-aspek yang berbeda dalam usrusan lapak pemasaran digital Anda sehingga Anda dapat melihat gambaran detailnya.

3. Menyusun Call-to-action
Kita akan menggunakan call-to-action (CTA) sebagai langkah kedua dalam lapak dagangan online Anda. Apa itu CTA? CTA dapat diartikan sebagai gambar atau teks yang membuat pengunjung melakukan sesuatu, seperti berlangganan newsletter, melihat seminar web atau meminta demo produk.

CTA harus diarahkan di halaman utama, dimana Anda bisa mengumpulkan informasi kontak pengunjung yang ditukar dengan penawaran marketing produk Anda. Dalam hal ini, CTA yang efektif akan menghasilkan lead yang lebih banyak ke website Anda. Cara ini, dari klik CTA ke halaman utama, Anda dapat melihat proses pembuatan lead.

Untuk meningkatkan kesempatan konversi pengunjung menjadi lead, Anda harus membuat banyak CTA, menyebarkannya di seluruh web dan mengoptimasinya. CTA yang baik harus dapat menarik perhatian pelanggan potensial ke lapak Anda.

4. Menciptakan Lead Magnet Yang Efektif
Lead magnet atau umpan dapat Anda gunakan dengan atau tanpa CTA. Hal ini juga dapat digunakan di dalam lapak pemasaran Anda ataupun menarik pelanggan potensial ke lapak Anda. Tunjukkan sesuatu yang relevan dengan barang atau jasa Anda yang mereka inginkan.

Gunakan penawaran produk Anda sebagai cara untuk mengumpulkan informasi pelanggan potensial sementara Anda menarik mereka lebih jauh ke lapak Anda di waktu yang sama. Hal ini akan membuat mereka menjadi pelanggan unggulan Anda yang akan menghabiskan uang di produk atau jasa Anda.

Ide utama di balik lead magnet adalah untuk bertukar informasi. Anda dapat menyediakan hal-hal semacam download sampel gratis, dengan syarat pelanggan harus mengisi formulir secara lengkap sebelum mendapatkan donwload gratis tersebut, sehingga mereka dapat memberikan informasi untuk Anda.

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk berinteraksi dengan mereka sambil menggiring mereka ke lapak produk Anda.

5. Membawa Traffic
Jika Anda ingin membawa orang-orang ke dalam strategi pemasaran Anda, harus ada pengunjung atau traffic di website Anda. Ada sejumlah cara untuk membawa traffic ke website Anda. Cara-cara tersebut yang terbukti bekerja antara lain:
  • Konten berkualitas

    Gunakan konten seperti postingan blog, press release atau artikel di website resmi Anda. Masukkan link di sejumlah website lain dalam konten ini untuk membangun citra produk melalui pemaparan langsung dan Anda dapat membawa traffic ke website Anda.
  • Strategi keyword

    Memasukkan keyword yang strategis ke dalam konten Anda dapat membuat konten serta website muncul lebih sering di mesin pencari, sehingga menimbulkan jumlah traffic yang lebih tinggi.
  • Optimalisasi website

    Memastikan bahwa website Anda optimal dan berfungsi baik sangatlah penting. Orang tidak akan mau mengnjungi website yang bekerjanya asal-asalan dan tidak profesional.
  • Media sosial

    Menggunakan postingan media sosial yang memikat untuk menarik traffic lebih banyak ke website Anda juga efektif. Gunakan gambar, video, dan media yang relevan demi menciptakan postingan yang lebih memikat pengunjung.
Gunakan strategi pemasaran digital ini di website Anda dan lihat apakah muncul perubahan. Jika Anda ingin bisnis Anda tumbuh, pemasaran digital adalah cara terbaik untuk memulai.

0 komentar

Poskan Komentar