Minggu, 22 Januari 2017

Pengaruh Mengganti Blogspot Ke TLD

Pengaruh Mengganti Blogspot Ke TLD-Mempunyai blog dengan menggunakan blogger.com, atau yang lebih dikenal dengan blogspot.com, memang lebih menguntungkan. Dari segi biaya, tidak keluar biaya sedikitpun. Dari segi hosting, space dan bandwidth unlimited. Dengan demikian gak perlu khawtir lagi dengan lonjakan traffic yang meningkat. Dari segi themes, blogspot bisa diupload themes dari luar. Ini salah satunya perbedaan antara blogspot.com dengan wordpress.com. Dari segi SEO (Search Engine Optimization), blogspot ini milik google, jadi pasti lebih disayang donk..hehe. Dari segi server, google jauh lebih cepat dan stabil. Selama saya menggunakan tidak pernah DOWN.


Pengaruh Mengganti Blogspot Ke TLD

Nah, satu lagi keuntungan dari blogspot, yaitu dapat menggunakan domain apa saja (berakhiran .com, .net, .org, .id dst) dengan tetap menggunakan platform blogspot. Seperti blog ini yang sudah saya ganti dengan domain TLD, yang sebelumnya berakhiran blogspot.com kini sudah berubah menjadi id. Enak kan? hanya bermodal domain saja, tinggal membeli domain (saya sarankan berakhiran .com), lalu dilakukan setting DNS ke google. Setelah itu melakukan penyetingan di blogspot. Lalu tunggu beberapa saat sampai terjadi update DNS (biasanya langsung terhubung antara domain baru dan server blogspot). Dan setelah itu blog blogspot sudah memiliki nama domain baru yang lebih singkat dan tentu lebih menarik.Ini yang dinamakan Custome Domain Blogspot ke TLD.

Custom domain adalah salah satu fasilitas dari Blogger.com atau bisa memilih web 2.0 lainya di Daftar Situs Web 2.0 Untuk Mencari Backlink yang memungkinkan kita mengubah alamat blog kita di subdomain blogspot.com dengan domain yang kita miliki sendiri. Misal : republikseo.blogspot.com yang dicustom domain (diubah nama domainnya) menjadi www.republikseo.id. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah pengaruh custom domain untuk blog ataupun penghasilan dari google adsense ? (jika anda punya akun Adsense). Dan apakah berpengaruh juga untuk masa depan blog Anda?
Sebagian orang mengatakan bahwa dengan mengganti nama domain (custom domain) akan mempunyai pengaruh terhadap blog, terutama untuk trafik. Sebagian orang lagi mengatakan bahwa dengan custom domain maka blog akan mudah populer.

Pengaruh Custom Domain Untuk Blog


Pengaruh Mengganti Blogspot Ke TLD

Percaya atau tidak jika nama domain terkadang membuat hoki pemiliknya? Atau nama domain yang sudah kita pilih membawa rejeki dan berkah untuk menghasilkan uang dari blog? Apa sebenarnya pengaruh custom domain sehingga para blogger baru ingin segera mengganti nama domain blognya?.

Selain memiliki beberapa kelebihan, costum domain juga ternyata memiliki kerugian atau resiko, namun sifatnya hanya sementara saja, resiko tersebut bisa terjadi dan terasa dampaknya terutama untuk blog yang sudah berumur, populer dan sudah memiliki trafik yang cukup tinggi, sedangkan untuk blog yang masih berusia kurang dari 3 bulan dampaknya tidak akan terlalu terasa berhubung blog masih sangat baru.

Perlu diingat ketika melakukan custom domain maka itu artinya sama saja dengan membuat blog baru, perbedannya dengan blog baru adalah, jika blog baru benar-benar harus dimulai dari nol, sedangkan blog baru hasil custom domain tidak harus dimulai dari nol, karena blog tersebut sudah memiliki artikel dan juga trafik dari blog lama, sehingga blog hasil custom domain berpotensi akan cepat mendapatkan trafik normal seperti pada saat blog tersebut belum diganti domain.

Berikut beberapa resiko pergantian blogspot menjadi TLD :

1.  Kehilangan trafik sementara

Salah satu resiko yang harus anda tanggung ketika melakukan custom domain dari blog gratisan ber-flatform blogspot adalah anda akan kehilangan banyak trafik namun sifatnya hanya sementara.

Trafik blog yang biasanya bersumber dari mesin pencari Google, akan di- redirect 301 (permanet redirect) oleh blogspot ke domain baru. Ini memerlukan tahap dan waktu karena url yang lama akan dihapus dan diganti dengan url yang mengarah ke custom domain yang telah diajukan. Masa transisi ini akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara waktu. Trafik seiring waktu akan cepat pulih karena memang blog hasil custom domain sebelumnya sudah memiliki trafik, sehingga untuk kembali mendapatkan trafik tidak akan terlalu lama.

2. Alexa rank membengkak

Yang kedua efek dari custom domain adalah alexa rank blog anda akan membengkak, itu artinya nilai alexa rank semakin buruk atau kembali ke awal, anda jangan heran karena domain baru anda akan sama seperti blog yang baru dibuat karena memang blog hasil custom domain akan dinggap sebagai blog baru, namun karena blog custom domain berpotensi pulih seperti sebelumnya, maka nilai alexarank akan cepat membaik seiring waktu.

3. Kecepatan index google akan menurun


Resiko berikutnya setelah melakukan pergantian domain dari blogspot menjadi top level domain, kecepatan index google akan semakin menurun, itu artinya setiap artikel baru yang anda terbitkan akan memakan waktu yang cukup lama untuk diindex dan dikenali mesin pencari, pada umumnya index bisa memakan waktu kurang dari 24 jam, namun setelah custom domain  index google bisa memakan waktu 1 sampai 3 hari.

Kondisi ini normal dan sifatnya sementara, ini akibat google bot perlu waktu untuk menyelesaikan index semua artikel yang tedapat di domain baru anda, seiring waktu dan semakin anda sering menerbitkan artikel kecepatan index akan kembali normal.

4. Memerlukan Biaya sewa domain

Ketika anda memutuskan untuk melakuka custom domain mau tidak mau anda harus menyisihkan uang tahunan untuk membayar sewa domain blog anda, biaya custom domain blogspot memang cukup murah berbeda dengan custom domain wordpress self hosting, dengan blogspot anda hanya cukup membeli nama domain saja tanpa harus membeli layanan hosting karena hostingnya masih di google. Setelah anda melakukan custom domain mau tidak mau anda harus mengeluarkan uang setiap tahun untuk membayar sewa domain blog anda ke penyedia layanan domain yang anda sewa.

Sekarang kita kembalikan kepada pengelola blog, apakah ingin bertahan dengan domain bawaan blogspot atau ingin menggantinya dengan nama domain sendiri. Ini sepenuhnya adalah pilihan Anda. Seperti yang kita tau, untuk mengasilkan trafik blog diperlukan kualitas konten yang berguna untuk pembaca, dapat memecahkan permasalahan yang sedang dicari pengunjung dan sebagai tempat mencari informasi yang kredibel.

Biasanya nama domain sendiri akan mendapatkan tingkat kepercayaan lebih dimata pembaca, tetapi peran sub domain juga tidak bisa dianggap remeh. Tetapi jika Anda berinvestasi untuk blog dan menjadikan blog sebagai penghasilan dimasa depan, saya lebih menyarankan untuk menggunakan custom domain (Nama domain sendiri) apalagi blog Anda untuk berjualan online.

Tingkat kepercayaan publik atau pembaca akan terus mempunyai pengaruh untuk masa depan blog sendiri. Seandainya saat ini Anda mempunyai blog dengan nama bawaan blogspot pun tidak akan menjadi masalah, tetapi dengan nama domain sendiri akan lebih mudah di ingat dan terlihat lebih sederhana.

Nah, kembali kepilihan Anda apakah ingin menganti atau masih bertahan dengan sub domain. Itulah sedikit informasi mengenai Pengaruh Mengganti Blogspot Ke TLD semoga bisa bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar