Minggu, 29 Januari 2017

Teknik Strategi Digital Marketing Yang Efektif Menuju Keberhasilan

Teknik Strategi Digital Marketing Yang Efektif Menuju Keberhasilan-Saat Anda bergelut di dunia digital marketing, Anda dapat melihat para marketer yang kelihatannya lebih unggul dalam segala hal ketimbang Anda. Orang-orang dengan kemampuan ini mengerjakan tugasnya dengan mudah dan dapat melakukannya sebelum deadline.

Mereka memiliki proyek sampingannya sendiri, memiliki blog, bahkan memiliki ribuan follower media sosial. Bagaimana cara mereka melakukann Dasar-Dasar Marketing Digital untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis Kecil?

https://pixabay.com

Sebelum Anda membuat kesimpulan, mari kita mempelajari sejumlah trik yang biasa dilakukan para profesional pemasaran digital ini. Berikut adalah beberapa taktik untuk merancang strategi pemasaran yang efektif,  yang mudah diikuti dan dapat membantu Anda menjadi pemasar digital yang efektif. Ini dia :

1.    Evaluasi diri Anda

Gunakan waktu Anda untuk mengevaluasi status perusahaan Anda saat ini. mungkin Anda memiliki halaman Facebook yang fansnya sedikit atau hanya memiliki website perusahaan. Ikuti langkah berikut untuk memperluas pandangan Anda terkait badan usaha sendiri :
  • Perkirakan kehadiran atau popularitas produk Anda di dunia maya dan bandingkan dengan pesaing Anda. Contohnya, jika Anda memiliki halaman Facebook, perhatikan jumlah like dan perhatikan tingkat keterlibatan fans dengan konten Anda. Dapat membantu jika Anda melihat halaman pesaing Anda juga.
  • Perhatikan tren pemasaran saat ini yang berkaitan dengan produk Anda dan yang diikuti oleh para pesaing Anda. Lihat jenis aktivitas digital yang paling menarik bagi pelanggan Anda di industri tersebut.
  • Coba cari tahu apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda dan apa yang bisa Anda lakukan secara berbeda. Daripada sekedar mengikuti tren, mulailah menciptakannya.
2.    Kenali pelanggan Anda

Jika Anda sudah cukup lama berbisnis, Anda pasti tahu siapa pelanggan-pelanggan setia Anda. Tetapi dalam pemasaran digital, hal yang spesifik adalah keharusan. Contohnya, mengetahui bahwa target pemasaran fashion Anda adalah “wanita muda” tidaklah cukup.

Anda harus mengetahui detail seperti usia, ketertarikan, pekerjaan, lokasi, dan status pernikahan agar Ada dapat mencapai pelanggan potensial dengan sukses.

Sebuah “persona” adalah karakter fiktif yang mewakili sejumlah pelanggan potensial dengan demografi dan ketertarikan yang mirip. Sebuah perusahaan dapat memiliki beberapa persona sekaligus dan hal ini dapat digunakan untuk menyesuaikan iklan dan promosi.

Jika tidak, Anda hanya akan melakukan hypertargeting. Untuk membentuk persona yang sukses,  Anda dapat mengikuti langkah-langkah sederhana ini:
  • Kumpulkan data dari pelanggan Anda yang ada. Metode pengumpulan data sederhana seperti survey online, wawancara dan mengobrol dengan sales dan tim pelayanan pelanggan dapat membantu.
  • Kategorisasikan pelanggan Anda berdasarkan kesamaan demografi dan ketertarikan. Jumlah kategori yang muncul dapat berbeda-beda tergantung seberapa beragam basis pelanggan Anda. Tetapi biasanya tidak akan terlalu banyak sampai-sampai Anda kerepotan untuk memberikan perhatian individu terhadap mereka.
  • Berikan nama yang tepat untuk tiap kategori dan perlakukan tiap persona seolah mereka adalah pelanggan individual
  • Sekarang Anda dapat menggunakan persona tersebut untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda pada level pribadi

3.    Pilih platform yang tepat


Mempertahankan halaman Facebook untuk perusahaan Anda akan dapat membuat bisnis Anda lebih eksis. Tetapi pemasaran digital didasarkan pada multi-platform.

Memiliki paling tidak 3 channel media sosial, yang dari sana Anda dapat menampilkan konten secara efektif dan berinteraksi dengan pelanggan, sangatlah direkomendasikan.

Tetapi tetap penting untuk memilih platform yang tepat bagi perusahaan Anda, bukan hanya memilih yang populer.

Memilih platform yang tepat sangat bergantung pada tipe produk atau jasa yang Anda tawarkan serta tipe persona pelanggan Anda. Contohnya, platform semacam Pinterest dapat menjadi platform ideal bagi perusahaan desain fashion tetapi kurang cocok untuk institusi pendidikan.

Sama juga, Twitter kurang populer di beberapa negara berkembang, jadi kurang ideal untuk menggunakan Twitter di daerah yang Anda prioritaskan disana.

Tetapi, media sosial bukan satu-satunya platform yang bisa dipakai. Untuk memonitor dan menganalisis aktivitas jaringan sosial yang dipilih, website dan promosi email, sejumlah tools analisis dapat Anda gunakan.

Tools untuk cloud marketing seperti Formstack, Infusionsoft, dan Act-on adalah yang paling populer. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

4. Tetapkan tujuan

Setelah menyelesaikan langkah pertama, Anda seharusnya sudah dapat menetapkan sejumlah tujuan untuk strategi marketing digital Anda. Menetapkan tujuan atau indikator performa kunci dapat membantu memotivasi dan memberi makna akan strategi itu sendiri.

Hal ini juga dapat membantu Anda membuat prioritas dan fokus dengan aspek-aspek penting dari strategi Anda. Untuk mendapatkan yang terbaik dari strategi pemasaran digital, cobalah membuat tujuan-tujuan yang spesifik:
  • Jumlah like halaman, follower, dan pelanggan yang ingin Anda tarik
  • Jumlah keterlibatan seperti like, komentar, retweet, favorit, dan mention yang ingin Anda dapatkan.
  • Jumlah review atau komentar positif yang ditinggalkan pelanggan Anda
  • Jumlah newsletter, promosi email dan jenis lainnya yang berhasil Anda terapkan
  • Jumlah konten yang Anda publikasikan dan bagikan lewat jaringan semisal blog
Untuk membantu Anda pada poin terakhir, rencana konten sangatlah disarankan. Rencana bulanan dapat membuat Anda mempublikasi konten secara teratur dan berkala. Ini juga dapat memberitahu follower atau pelanggan Anda kapan mereka dapat mendapatkan material baru.

5. Tetapkan budget

Jika Anda punya budget marketing, budget khusus pemasaran digital harus dialokasikan dengan nilai yang cukup.

Budget ini tergantung pada kebutuhan Anda tetapi harus dapat digunakan untuk mempromosikan halaman sosial dan postingan Anda, menyediakan penawaran marketing yang menarik bagi konsumen lewat promosi, serta menginvestasikan jumlah yang cukup untuk tools analisis.

Sejumlah jaringan media sosial hanya meminta biaya partisipasi, yang artinya Anda hanya perlu membayar jika iklan atau pos yang Anda promosikann diklik. Ini dikenal sebagai cost per engagement atau cost per click. Media sosial dan tools analisis yang Anda gunakan tersebut dapat membantu Anda melacak budget dan return of investment Anda.

6. Melibatkan diri sepenuhnya

Saat pemasaran digital diluncurkan, Anda harus senantiasa membuat momentum. Jaringan media sosial bergerak dengan cepat dan membutuhkan perhatian yang konstan dan konsisten. Anda harus berinteraksi dengan fans dan follower media sosial Anda dengan melakukan hal-hal di bawah ini :

  • Menjawab pertanyaan atau pesan dari viewer
  • Merespon setiap aktiitas like, mention, atau retweet dari viewer Anda, atau bahkan perusahaan saingan Anda, dengan tata cara yang sopan dan bersahabat
  • Melibatkan diri Anda dengan sharing, retweet, memberikan like dan komentar, atau ikut membagikan konten yang Anda lihat bermanfaat
  • Respond to any feedback comments, whether good or bad
  • Merespon komentar-komentar feedback, entah baik ataupun jelek
Diatas itu semua, konten yang dibuat haruslah memikat dan menghibur, sambil memenuhi kebutuhan search engine optimization Anda. Untuk berhasil dalam hal ini, Anda perlu mengikuti tren-tren terbaru, memasang mata pada berita terbaru, dan selalu jadi kreatif.

Jika strategi digital marketing Anda dirasa terlalu membebani Anda jika dilakukan sendirian, mempekerjakan digital marketer yang bersertifikasi dapat menjadi pilihan yang baik.

7. Evaluasi hasilnya

Bagian penting dari pembuatan strategi adalah analisis. Setiap akhir promosi dan menjelang akhir tahun fiskal, data penjualan harus diolah dan efektivitas promosi harus diukur. 

Umpan balik pelanggan dan internal harus sama-sama diperhitungkann, beseerta statistik yang didapatkan dari sejumlah tools analisis yang Anda gunakan. Strategi pemasaran digital Anda pada tahun selanjutnya dapat kemudian direvisi menggunakan informasi yang sudah Anda kumpulkan. 

Siklus evaluasi ini akan membant Anda meningkatkan strategi Anda secara terus-menerus, sampai Anda berhasil menyempurnakan Teknik Strategi Digital Marketing Yang Efektif Menuju Keberhasilan.

0 komentar

Posting Komentar