Sunday, April 23, 2017

Daftar Lengkap Istilah SEO Dalam Dunia Blog

Daftar Lengkap Istilah SEO Dalam Dunia Blog-Bagi saya dan para newbie lain yang ingin belajar internet marketing terutama pada Search Engine Optimation (SEO), bisa menjadi sangat kesusahan saat tidak memahami arti dan makna beberapa istilah dalam SEO itu sendiri. Daftar istilah ini bisa menjadi panduan dasar bagi blogger pemula, sekaligus "refresh" wawasan tentang SEO bagi yang sudah akrab dengan istilah-istilah penting di dunia blogging dan desain konten website.

Daftar Lengkap Istilah SEO Dalam Dunia Blog

Supaya lebih mudah kamu bisa menekan tombol CTRL + F pada keyboard, lalu mengetikkan kata apa yang kamu cari.

Berikut adalah list istilahnya.

Alt Text

Teks alternatif yang memiliki fungsi untuk memberitahu search engine mengenai suatu gambar. Alt text memiliki peranan penting untuk memunculkan blog atau website anda di google image.

Anchor Text

Sebuah teks atau tulisan yang terdapat pada sebuah halaman blog atau website, dimana teks tersebut didalamnya terdapat sebuah link yang bisa diklik dan mengarah ke sebuah halaman.

Blackhat SEO

Teknik optimasi mesin pencari yang bertentangan pedoman di google. Teknik ini biasanya dapat meranking sebuah website atau blog dengan cepat, tapi ketika google melakukan update algoritma pasti website atau blog tersebut akan terkena penalti.

Broken Link

Link yang berada dalam sebuah blog atau website yang sudah tidak valid atau mengalami kerusakan.

Crawling

Sebuah proses ketika Googlebot menemukan konten baru di website atau blog anda lalu konten tersebut akan ditambahkan agar dapat terindeks oleh Google.

Domain Authority

Sebuah metrik yang dipakai oleh MOZ untuk dapat memprediksi seberapa kuat sebuah nama domain. Secara umum, domain authority mempunyai perhitungan sendiri seperti jumlah link eksternal yang menuju domain, usia domain, jumlah konten yang terindeks google, dan lain-lain.

Link Juice

Kata ini dipopulerkan oleh seorang SEO Expert yaitu Greg Boser. Menurut dia link juice adalah sebuah link yang terdapat di dalam sebuah website, dimana link tersebut mempunyai peran ketika meningkatkan website yang sedang kita optimasi. Adapun tolak ukur link juice itu sendiri dapat dilihat dari seberapa populer website tempat kita menyimpan link.

Google Dance

Google dance adalah sebuah algoritma yang diciptakan google untuk menyusun ulang website atau blog yang berada di SERP. Jadi jangan heran jika website anda tiba-tiba turun jumlah visitornya dan jangan langsung men-judge jika website anda terkena penalti.

Google Pagerank

Google pagerank merupakan sebuah nilai metrik yang diberikan ke sebuah website, dimana nilai tersebut mempunyai arti tentang seberapa penting website anda menurut sudut pandang Google.

Google Panda

Sebuah nama algoritma google yang dibuat agar dapat menampilkan blog atau website yang berkualitas, memiliki konten yang original dan bukan hasil copy-paste. Pada intinya algoritma yang satu ini lebih menekankan kepada kualitas konten yang anda buat di website atau blog.

Google Penguin

Sebuah algoritma yang dirancang oleh Google untuk memberikan penalti kepada web atau blog yang terbukti melakukan pelanggaran aturan untuk memanipulasi SERP. Contohnya adalah melakukan link building secara berlebihan, keyword stuffing, cloacking, dan masih banyak lagi.

Google Sandbox

Sebuah penalti atau hukuman yang diberikan oleh google terhadap sebuah halaman website, dengan cara menurunkan posisi ranking halaman tersebut di SERP, Hal ini jelas akan sangat merugikan anda karena tidak akan mendapatkan trafik dengan kata kunci yang pernah anda optimasi.

Google analytics

Layanan google untuk mengukur dan menganalisa kunjungan user kesebuah website

Page Authority

Adalah sebuah hasil perhitungan metrik yang dikeluarkan oleh Moz untuk menilai seberapa baik sebuah halaman website. Perhitungan tersebut sangat erat kaitannya dengan peringkat website di halaman pencarian. Adapun yang menjadi indikator dari perhitungan metrik tersebut yakni perhitungan link yang masuk, nilai MozRank, MozTrust, dan masih faktor-faktor lainnya.

Redirect 301

Ini merupakan teknik yang cukup sering digunakan oleh para penggiat SEO. Adapun maksud dari pemakaian teknik ini adalah untuk menjaga URL yang tengah di optimasi tidak terkena penalti dari google. Secara umum, redirect 301 adalah mengalihkan secara permanen URL lama ke URL baru atau URL A ke URL B, dimana sekitar 90-99% link juice dari URL asal akan diarahkan ke URL baru.
Reciprocal link

Pertukaran link yang dilakukan oleh dua buah website dimana fungsinya agar bisa mendapatkan trafik yang menguntungkan diantara kedua belah pihak.

Serp

Serp merupakan sebuah singkatan dari search engine results page atau dalam bahasa Indonesianya yaitu halaman mesin pencari.

Social Bookmark

Sebuah website yang biasa digunakan untuk mengelola, menyimpan, serta membagikan URL yang dianggap penting.

Whitehat SEO

Teknik optimasi mesin pencari yang sesuai dengan pedoman google.

Bounce Rate

Bounce rate adalah istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak user yang hanya mengunjungi SATU halaman website kita. Bounce rate di ukur dalam persen. Semakin rendah nilainya, semakin bagus sebuah website. Sebagai contoh bounce rate website ini adalah 64% artinya jika ada 100 pengunjung, ada 64 orang yang langsung meninggakan website tanpa membuka artikel lain. Website dianggap berkualitas jika bounche ratenya dibawah 50%.

Istilah Umum Lain dalam Dunia SEO
  • Keyword Research adalah proses mencari kata kunci yang tepat untuk ditarget yaitu memiliki pencarian tinggi dengan persiangan serendah mungkin. Keyword Research ini adalah bagian terawal dari seo dan bisa sangat mempengaruhi hasil rank anda nantinya. Jika anda memilih keyword yang persaingannya medium keatas tapi blog anda masih relatif baru, ini adalah kesalahan yang sangat besar sekali. Hal ini akan mengakibatkan peluang blog anda rank tinggi di Search Engine hampir tidak ada karena persaingan yang terlalu kuat.
  • Keyword Planner adalah salah satu tool milik google yang membantu kita melakukan keyword research.
  • Kompetitor adalah para pesaing kita dalam mengejar kata kunci yang ditarget Exact match types adalah tipe pencarian keyword yang akan menampilkan kata kunci yang ada pada title tanpa menambahkan keyword lain, hasil ini adalah yang paling relevan dan sering digunakan para blogger untuk riset kata kunci.
  • Monthly searches adalah jumlah pencarian perbulan pada suatu keyword.

Istilah Dalam Offpage SEO 

  •  PBN - Private Blog Network : PBN atau private blog network adalah sekumpulan blog/website milik sendiri yang tujuannya adalah memberi backlink ke blog utama dalam usaha meningkatkan ranking blog tersebut pada Search Engine
  • Dofollow adalah jenis link yang poinnya akan diteruskan oleh google ke halaman yang dirujuknya.
  •  Nofollow adalah kebalikan dari Dofollow, yaitu google tidak akan meneruskan poin halamannya ke halaman yang dirujuk.
  • Link Building adalah proses untuk membangun backlink yang akan diarahkan ke blog anda
  • Backlink adalah istilah dimana tautan atau link dari blog lain yang mengarah ke blog kita.
  • Footprint adalah catatan kaki yang anda masukkan ke query pencarian google untuk mencari blog-blog untuk dijadikan tempat menanam backlink.
  • Keyword atau kata kunci adalah kata-kata utama yang ditekankan dalam sebuah halaman.
  • Outbound link adalah link keluar yang ada di sebuah halaman ke halaman yang lain. Dalam mencari backlink, sebaiknya anda menanam backlink di tempat yang minim Outbound link.
  • Social Bookmark adalah situs yang memperbolehkan kita mempublish dan membokmark artikel kita.
  • Blog Comment adalah teknik mencari backlink dengan beromentar pada situs orang lain.
  • One Way Backlink adalah backlink satu arah seperti melakukan backlink dari blog comment.
  • Link baiting adalah backlink yang kita dapat secara gratis karena ada blogger yang sukarela menaruh link kita di blognya.

Istilah Dalam Onpage SEO
  • Title Tag adalah kode yang mengatur tampilan judul halaman di bagian tab browser, biasanya kode ini diletakkan dibawah kode <head>.
  • Crawl adalah proses google untuk merayapi sebuah situs, semakin sering situs tersebut di crawl oleh google, maka semakin bagus blog itu di mata google.
  • Meta Description adalah meta yang menampilkan teks kalimat deskripsi pada halaman pencarian google.
  • Relevansi adalah tingkat relevan atau kesamaan sebuah situs yang ditentukan oleh google sebagai penentu peringkat Search Engine.
  • Permalink adalah url yang ada setelah url homepage, misalnya http://www.republikseo.id/2017/04/pengertian-seo-search-engine.html, yang berwarna biru adalah permalink.
  • Authority adalah penentuan ke otoritasan sebuah situs menurut google, semakin authoruty situs tersebut maka semakin bagus pula menurut google.
  • Page Authority adalah otoritas sebuah halaman situs.
  • Domain Authority adalah otoritas sebuah domain situs.
  • Heading Tag adalah pemberian tag pada teks untuk memberitahu teks ini yang terpenting, lebih penting, kurang penting, dan sebagainya.
  • Bold adalah mencetak tebal teks kata kunci yang dioptimasi.
  • Alt Tag adalah memberi alt pada gambar untuk memberitahu google nama sebuah gambar, karena google sendiri tidak bisa mengcrawl gambar.
  • Long Tail Keyword adalah kata kunci panjang yang berfungsi agar kita lebih mudah rank tinggi di google karena tingkat persaingan yang lebih sedikit.

Istilah Dalam Blackhat SEO
  • Hidden Text adalah teknik menyembunyikan link yang sebenarnya, biasanya warnanya akan disamakan dengan warna background.
  • Cloacking adalah teknik membuat search engine menampilkan hasil yang tidak sama atau berbeda dengan hasil yang dilihat oleh pembaca atau pengunjung. Teknik ini adalah yang paling berat hukumannya jika diketahui oleh google, yaitu deindex.
  • Penumpukan kata kunci adalah menaruh banyak kata kunci dalam satu halaman agar kata kuncinya dapat dicerna oleh google search engine.
  • Link spam adalah menanam backlink di sembarang tempat, ini termasuk blackhat karena menurut google akan mengurangi kenyamanan sebuah halaman website.

Istilah SEO Dalam Algoritma Google
  • Sandbox adalah waktu yang diperlukan sebuah situs untuk mencari kepercayaannya kembali terhadap google karena sudah kehilangan kepercayaan dan menghilang dari halaman index google.
  • Honeymoon adalah istilah untuk menggambarkan sebuah website yang bisa langsung berada di halaman satu google dalam beberapa saat, dan jika tidak dioptimisasi secara benar, posisi nya bisa saja akan berubah.
Karena keterbatasan penulis, mohon maaf jika ada yang belum di sebutkan. Semoga bermanfaat artikel Daftar Lengkap Istilah SEO Dalam Dunia Blog.

0 comments

Post a Comment