Friday, April 14, 2017

Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial-Sekarang kalau kita bercerita tentang cara bisnis online, pastinya akan selalu memiliki daya tarik tersendiri di mata siapapun. Pasalnya menurut info dari data kementrian komunikasi dan informatika  (kemkominfo) pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 lebih dari 80 juta orang dan pada tahun 2016 menurut Lembaga polling Indonesia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), telah mencapai 132,7 juta dari total penduduk Indonesia yang mencapai 256,7 juta orang.

pengguna internet di Indonesia 2016 Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

Indonseia menduduki peringkat ke-8 di dunia pengguna internet terbesar. Ditambah lagi untuk pengguna social media seperti facebook Indonesia menduduki peringkat keempat dunia..wowww..

pengguna internet di Indonesia 2016 Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosialpengguna internet di Indonesia 2016 Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosialpengguna internet di Indonesia 2016 Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

Dari statistik di atas menunjukkan besarnya peluang yang dapat kita ambil dari bisnis online. Karena peluang dan pasar yang besar tentu saja membuat banyak bermunculan yang menjalankan bisnis online sendiri maupun join bersama marketplace seperti tokopedia, Bukalapak, Lazada, Kudo. Dari segi manapun bisnis online memiliki daya tarik dan kelebihan yang tidak dimiliki bisnis offine diantaranya :
  1. Bisa dikerjakan oleh siapapun di manapun dan kapanpun tanpa harus memiliki titel atau bahkan tidak mengenal bangku sekolah sekalipun.
  2. Modal relatif kecil dan bahkan ada yang tanpa modal.
  3. Tidak terikat waktu, karena jam Anda sendiri yang mengatur.
  4. Minim resiko.
  5. Tidak membutuhkan karyawan, karena Anda bisa melakukannya sendiri.
  6. Tidak membutuhkan tempat, jadi tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk menyewa tempat.
  7. Produk bisa apa saja, baik produk barang maupun jasa yang bisa Anda tawarkan.

    Cara Mudah Membuat Bisnis Online

    Untuk terjun dalam bisnis online Anda dibutuhkan untuk menguasai internet terlebih dahulu merupakan sesuatu yang wajib. Setidaknya Anda tidak terlalu gaptek tentang social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram dan di sini Anda harus memiliki akun email yang terpenting. Meskipun Anda tidak dituntut untuk bisa membuat yang terpenting bisa mengoperasikannya. Namun akan lebih baik jika Anda bisa dan memahami betul hal ini.


    Cara Mudah Membuat Bisnis Online Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

    Adapun langkah yang lebih praktis dan mudah Anda langsung bergabung dengan marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lainnya. Di websitenya dijelaskan bagaimana cara menjual produk yang Anda miliki. Namun yang menjadi pertanyaan mungkin mencari ide? 

    Sebenarnya hal ini bisa dijawab dengan mudah, jadi Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan ide. Bisa dibilang semua bisa dijalankan hanya Anda saja yang mau menjual produk atau jasa. Bahkan, bagi Anda yang tidak punya produk untuk dijual tidak perlu bingung. Sederhananya, Anda bisa menjual semua produk yang ada di marketplace seperti baju, sandal, sepatu, parfum, peralatan teknik yang Anda cari adalah pembeli. 

    Anda juga bisa menjual jasa yang Anda miliki keahlian memasak Anda bisa membuka catering online atau keahlian menulis bisa Anda gunakan menjadi penulis website blog yang sedang memerlukan jasa penulis. Simpel Bukan!

    Anda bisa lebih profesional lagi dengan menjadi agen toko-toko online yang ada dengan menjadi reseller, dropshipper, ditributor dan juga membuat toko online sendiri. Tentunya akan lebih menawarkan jangka panjang dan peluang besar produk yang Anda jual laku di pasaran. Jadi tidak terlalu sulit bukan untuk membuat bisnis online yang Anda harapkan.

    Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

    Untuk lebih memperluas jaringan customer atau pangsa pasar bagi bisnis online Anda pastinya harus sedikit lebih aktif di media sosial untuk promosi agar bisnis online Anda lebih dikenal. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika Anda ingin sukses dalam bisnis online di media sosial.

    1.  Perbanyak Friends dan Followers

    Perbanyak Friends dan Followers Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

    Sebagai orang berjualan sebuah produk tentu Anda membutuhkan calon pembeli sebanyak-banyak untuk menjadi target pasar produk yang Anda jual. Salah satunya dengan memiliki banyak teman dan followers maka Anda bisa lebih banyak menggaet calon pembeli produk Anda. 

    Ada banyak cara untuk mendapatkan followers dan teman ribuan hingga jutaan diantaranya memasang iklan resmi dari social media berbayar seperti FB ads.

    Anda juga bisa menggunakan c untuk menambah followers dan teman di social media Anda. Disamping itu Anda juga bisa memkasimalkan konten media sosial dengan diposting unik, bahasa yang menarik (copywriting) sehingga banyak yang tertarik untuk mengikuti dan menjadi teman Anda.

    2. Maksimalkan Konten

    Maksimalkan Konten Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

    Buat Status atau koneten menarik dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Seperti motivasi, copywriting, cerpen, storystelling, cerpen , puisi, video, meme lucu dan info up to date. Sehingga teman atau yang mengikuti tidak bosan karena Anda tidak hanya semata berjualan produk untuk diposting. Semakin bervariasi konten maka pengikut dan teman Anda akan semakin menarik yang bukan hanya dijadikan target marketing.

    Selain isi kualitas usahakan jangan terlalu sering update konten minimal dua hari sekali namun usahakan jangan di jam-jam sibuk orang. Jika target Anda sibuk maka peluang konten Anda terbaca akan sedikit.

    3. Jadikan Calon Pembeli Nyaman

    Jadikan Calon Pembeli Nyaman Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

    Lazimnya apabila konten Anda diisi produk-produk jualan saja follower tidak akan nyaman. Di samping itu jangan asal tag foto, artikel atau semacamnya karena bisa saja ada yang emosi karena keseringan bisa saja membuat teman atau pengikut Anda kesal.

    4. Service Pelayanan Prima

    Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial

    Di sini juga cukup penting karena jika Anda sudah memiliki target yang potensial Anda harus selalu memberika pelayanan yang prima dengan maksimal dan memuaskan. Buat produk sesuai yang diiklankan, pengiriman sesuai deadline.

    Apabila yang bertanya sapa dengan ramah dan Anda harus sabar walaupun ada calon yang hanya bertanya-tanya. Dengan memberikan layanan prima menjadi salah satu jalan sukses bagi Anda.

    5. Minta Testimoni

    Setelah barang terjual dan sampai ke pelanggan Anda usahakan minta testimoni agar orang lain bisa melihat bahwa bisnis online meyakinkan dan bisa dipercaya sepenuhnya. Hal ini bisa berdampak positif bagi bisnis online meskipun terlihat hal yang kecil.

    6. Membina Hubungan Baik

    Membina Hubungan Baik Kiat Sukses Bisnis Online di Media Sosial


    Disini juga cukup penting karena walaupun Anda sudah berhasil menjual bisnis online yang Anda punya. Usahakan bina hubungan baik ditambah lagi jika itu pelanggan yang selalu membeli di tempat Anda. Sekedar mengucapkan selamat hari raya atau hari-hari besar lainnya. Jika pelanggan merasa senang dengan bukan tidak mungkin dia akan mereferensikan Anda kembali kepada temannya untuk membeli di bisnis online Anda.

    Apapun usaha bisnis online yang Anda jalankan pasti akan ada lika-liku karena tidak mungkin pengusaha langsung sukses. Jadi Anda akan melalui proses yang panjang dan berat untuk sampai di puncak kesuksesan Anda. Namun teruslah bersemangat untuk selalu berjualan dalam kondisi sesulit apapun.

    Bisnis online tidak akan membuat Anda rugi banyak seperti bisnis offline. Setelah semuanya sudah dilalui dan konsitensi Anda juga sudah berjalan. Jangan lupakan dari sisi spiritual sebaiknya Anda jangan lupa shalat lima waktu dan berdoa untuk terus sukses. 

    Ditambah lagi sunnah-sunnah seperti tahajjud dan dhuha saya yakin Anda akan kebanjiran order. Karena Nabi Muhammad sudah bersabda dari 10 jalan rezeki manusia 9 diantaranya ada di pernigaaan. Jadi Anda harus yakin percaya bahwa rezeki datang dari Allah. Sekian dan Semoga bermanfaat

    Oh iya, untuk anda yang ingin belajar internet marketing, bisa langsung menghubungi Didik Arwinsyah SEO di WA/Telpon 0821-3800-7320 (Telkomsel), beliau adalah pembicara internet marketing nasional yang sudah banyak membimbing para UKM dan  perusahaan. salam sukss untuk kita bersama