Minggu, 23 April 2017

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)-SEO adalah sebuah proses yag dilakukan untuk mempengaruhi mesin pencari (Search Engine) memunculkan sebuah situs web dalam hasil pencariannya, semakin sering sebuah situs dalam hasil pencarian Search Engine maka semakin banyak Visitor yang melihat sebuah konten / isi dalam sebuah situs web yang berasal dari mesin pencari.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Mesin pencari (search engine) memunculkan sebuah situs web tidak asal asalan, jadi mereka mempunyai beberapa alasan mengapa memunculkan sebuah situs web pada urutan pertama mesin pencari, salah satu alasannya adalah adanya optimasi yang dilakukan terus menerus oleh pemilik website terhadap mesin pencari.

Dalam dunia website/weblog sekarang ini, khususnya bagi para publisher dan blogger diperlukan pengetahuan tentang Search Engine Optimization, website/weblog yang telah sobat buat tugas selanjutnya adalah mendaftarkan website/weblog sobat ke mesin pencari Google atau yang lainnya. Sebelum mendaftarkan website/weblogyang telah dibuat; sekarang yang menjadi pertanyaan apa itu search engine optimization, cara kerja dan fungsi suatu search engine.

Pengertian Search Engine


Pengertian Search Engine Pengertian SEO (Search Engine Optimization)


Mesin pencari web atau yang lebih dikenal dengan istilah websearch engine merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya. Berbeda halnya dengan direktori web (seperti dmoz.org) yang dikerjakan oleh ma nusia untukmengelompokkan suatu halaman informasi berdasarkan kriteria yang ada, web search engine mengumpulkan informasi yang tersedia secara otomatis.

Cara Kerja Search Engine

Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan hampir semua informasi halaman web, yang diambil langsung dari www. Halaman-halamanini diambil secara otomatis. lsi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentu kan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata dia mbil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag).

Data tentang hala man web disimpan dalam sebuah database indeks untuk d iguna ka n dalam penca rian sela njutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. Ketika seorang pengguna mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar hala manweb yang paling sesuai dengan kriteria nya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teksnya.

Mesin pencari lain yang menggunakan proses real-time, seperti Orase, tidak menggunakan indeks dalam cara kerja nya. lnformasi yang diperlukan mesin tersebut hanya dikumpulkan jika ada pencarian baru. Jika dibandingkan dengan sistem berbasis indeks yang digunakan mesin-mesin seperti Google, sistem real-time ini unggul dalam bebera pa hal seperti informasi selalu mutakhir, (hampir) tak ada broken link, dan lebih sedikit sumberdaya sistem yang diperlukan (Google menggunakan hampir 100.000 komputer, Orase hanya satu.).

Kegunaan dan cara melakukan SEO (Search Engine Optimization)

Kegunaan dan cara melakukan SEO adalah semata mata untuk mendapatkan Visitor / lalu lintas pengunjung yang murni dari search engine, tanpa pengunjung sebuah situs web tidak akan ada artinya, bisa dikatakan itu adalah sebuah produk gagal. J adi melakukan SEO itu penting untuk meraih keberhasilan sebuah situs web, apalagi jika anda seorang Publisher iklan google adsense atau PPC lainnya, tanpa melakukan SEO mungkin iklan adsense yang ada pada blog anda hanya akan menj adi sebuah pajangan saja yang tidak menghasilkan apa apa.

Teknik Seo Ada 2

Teknik SEO terbagi menjadi dua macam cara, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

1. SEO ON PAGE adalah optimasi seo yang dikakukan didalam sebuah blog, J ika ingin halaman anda relevan, maka pastikan kata kunci yang anda incar ada pada.
  •  Content
  • Title TAG
  • URL & description artikel
  • Heading tag (hl, h2, h3, dan seterusnya...)
2. SEO OFF PAGE adalah optimisasi seo yang dilakukan di luar halaman sebuah blog, dalam Offpage SEO ini ada yang namanya backlink dan anchor text. ANCHOR TEXT ini adalah text yang terlihat saat akan mengklik sebuah link. Ini juga termasuk faktor penting dalam Offpage SEO karena Anchor Text tidak bisa lepas dari backlink. Google itu menilai situs anda relevan untuk kata kunci tertentu, (misalnya anda membuat artikel mengenai “Kopi Hijau”) ketika ada halaman PR tinggi tentang Kopi Hijau yang nge-link ke situs anda, dengan anchor text berupa “Kopi Hijau”!

Meningkatkat trafict

Meningkatkan SEO pada website Anda bisa dilakukan juga dengan cara dibawah ini :
  • Memilih konten yang sifatnya berkualitas
  • Menemukan link yang relevan
  • Memasukkan situs tersebut ke direktori
  • Menambahkan site map
  • Perpanjang artikel menjadi 2500 kata
Gunakan template yang SEO

Sekarang sudah banyak beredar template yang seo friendly dan siap pakai untuk menghias sebuah blog ataupun web. Untuk toko online sendiri terdapat Premium Template dan juga yang gratis dengan desain yang tak kalah menarik. Yang terpenting adalah desain ok, fitur lengkap dan juga loading web tidak terlalu berat.

Setelah memahami apa itu seo secara lengkap, mungkin kalian harus mempraktekkannya secara langsung dalam blog atau website. Semoga penjelasan tentang Pengertian SEO (Search Engine Optimization) yang ada di atas dapat menambah wawasan anda tentang dunia blogging.

0 komentar

Posting Komentar