Jumat, 16 Juni 2017

Gunakan Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin Untuk Perawatan Terbaik Motor Matic Anda

Gunakan Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin Untuk Perawatan Terbaik Motor Matic Anda-Beberapa tahun belakangan ini, tren motor masyarakat Indonesia seperti beralih ke motor matic. Beberapa perusahaan kendaraan bermotor yang ada di Indonesia seolah berlomba-lomba memasarkan produk motor matic mereka. Jika dulu motor matic banyak digunakan oleh pengendara wanita, sekarang pengendara laki-laki sudah tidak malu lagi untuk mengendarai motor matic. Sebab, beberapa model motor matic di desain lebih sporty sehingga cocok digunakan pengendara laki-laki.

Gunakan Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin Untuk Perawatan Terbaik Motor Matic Anda

Motor matic digemari penggunanya karena di anggap lebih simpel atau lebih mudah dalam penggunaannya. Motor jenis matic ini juga sering digunakan untuk melatih seseorang yang ingin bisa mengendarai motor. Jika beberapa motor ‘bebek’ hanya bisa digunakan oleh laki-laki karena bentuknya yang besar dan berat atau susah di kendalikan. Motor matic lebih ramah digunakan oleh siapapun baik wanita atau laki-laki. Menurut sebuah survey, setiap tahun peminat kendaraan matic ini meningkat setidaknya 5%. Hal tersebut di dukung juga dengan banyaknya promo dari pihak dealer, seperti memberikan fasilitas kredit bagi peminat motor matic. 

Dibalik seluruh kelebihannya, motor matic juga membutuhkan perhatian khusus pada beberapa hal, seperti mesinnya. Perawatan motor matic berbeda dengan perawatan motor ‘bebek’ karena mesin yang dipasangpun berbeda.

Untuk merawat kinerja mesin motor matic Anda tetap berjalan lancar, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan. 

1.    Memanaskan Motor Sebelum Digunakan

Sebelum mengendarai motor matic Anda, pastikan Anda memanasakan mesinnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan oli agar melumasi seluruh mesin motor terlebih dahulu. Ketika Anda membeli motor baru, tentunya akan mendapatkan buku panduan penggunaan motor. Dalam buku panduan tersebut juga Anda akan di bantu dalam memanaskan mesin motor.

Waktu untuk memanaskan motor bisa berbeda-beda, dianataranya ada yang menyebutkan antara 1-2 menit. Setelah itu Tarik ulur gas supaya oli benar-benar melumasi seluruh mesin. Untuk motor matic, pastikan juga Anda memilih oli untuk mesin motor matic yang mendukung performa motor Anda.

2.    Men-stabilkan Kecepatan Gas

Ketika mengendarai motor matic Anda, jangan lupa untuk men-stabilkan kecepatan gas. Jangan secara tiba-tiba menambah kecepatan gas dari pelan langsung menjadi cepat, begitu juga sebaliknya. Jika Anda melakukan hal tersebut, Anda bisa saja merusak Vanbelt motor matic Anda. Merubah kecepata gas secara tiba-tiba juga akan membuat performa mesin Anda mudah layu atau cepat rusak.

Bagi Anda yang belum tahu Vanbelt itu apa? Vanbelt adalah bagian mesin seperti rantai pada motor ‘bebek’. Bedanya Vanbelt terbuat dari karet, dan Anda juga disarankan mengganti Vanbelt tiga tahun sekali untuk kenyaman berkendara.

3.    Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar

Beberapa orang mungkin baru akan mengisi bahan bakar mereka ketika sudah mendekati indikator E atau sudah akan habis. Kebiasaan ini termasuk ke dalam kebiasaan buruk pengguna sepeda motor. Membuat motor kehabisan bahan bakar sebenarnya sama saja dengan menyiksa mesin motor kita. Terutama jika motor matic Anda sudah injeksi, akan lebih sulit merawat mesinnya, untuk itu jangan sampai Anda kehabisan bahan bakar.

Pastikan untuk mengecek kondisi mesin dan jumlah bahan bakar pada motor matic sebelum berpergian. Ada baiknya untuk Anda selalu mengisi penuh bahan bakar Anda sehingga tidak takut kehabisan di jalan.

4.    Perawatan AKI

Melihat kondisi AKI pada motor matic memang agak sulit, mungkin bisa di deteksi melalui beberapa hal seperti lampu yang meredup atau kehilangan power untuk menyalakan mesin motor matic. Untuk mengantisipasi motor yang mati tiba-tiba atau tidak bisa kehilangan power saat Anda sedang berpergian. Ada baiknya Anda menjadwal penggantian AKI motor matic Anda tiap 7/8 bulan setelah tanggal terakhir kali ganti. 

5.    Periksa Vanbelt dan Roler

Sudah di singgung sebelumnya mengenai kegunaan Vanbelt yang berfungsi layaknya rantai pada motor ‘bebek’, namun terbuat dari karet. Keadaan Vanbelt pada motor Anda sangatlah penting. Jadi ketika Anda melakukan servis jangan lupa untuk menanyakan kondisi Vanbelt dan Roler pada motor Anda. Anda juga bisa menjadwalkan pergantian berkala untuk kedua sukucadang tersebut.

Berbicara perihal sukucadang, menggunakan suku cadang yang original atau asli buatan pabrik perusahaan motor yang Anda gunakan akan lebih baik ketimbang membeli yang tiruan. Bagaimanapun juga kualitas dan ketersesuaian antara produk asli dan produk tiruan akan berbeda. Meskipun memiliki harga yang relatif mahal, namun kualitasnya tidak perlu Anda ragukan. 

6.    Melakukan Servis Rutin

Salah satu tanda Anda menyayangi kendaraan Anda adalah dengan membawanya servis rutin, misalnya setiap satu bulan satu kali di akhir bulan. Memiliki motor matic bisa di ibaratkan memiliki peliharaan. Baik memiliki kucing peliharaan atau memiliki motor matic Anda harus menjaga dan merawat keduanya. Jika kucing Anda bawa ke salon untuk mandi dan perawatan lainnya, motor Anda bawa ke bengkel untuk di servis.

Melakukan servis rutin membantu Anda mengetahui kondisi mesin motor Anda, terutama jika Anda seorang wanita yang tidak banyak tahu soal mesin. Pastikan juga Anda melakukan servis di bengkel resmi, agar perawatan yang di dapat sesuai kebutuhan.

7.    Rutin Mengganti Oli

Perawatan yang satu ini adalah perawatan yang penting dan wajib bagi pemilik kendaraan bermotor. Setidaknya Anda haru mengganti oli mesin Anda tiap 2-3 bulan sekali. Waktu untuk mengganti oli juga bisa Anda lihat dari jumlah Km yang Anda tempuh. Tiap mencapai 1000 Km, Anda sudah harus mengganti oli mesin Anda agar mesin kendaraan Anda terjaga dengan baik.

Selain oli mesin, ada juga oli gardan atau oli transmisi yang bisa Anda ganti tidak terlalu sering. Perbandingannya 2:1 dengan mengganti oli mesin, jadi 2 kali ganti oli mesin bersama dengan 1 kali ganti oli gardan. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga harus mengganti oli sesuai dengan kebutuhan kendaraan Anda. Terutama jika Anda menggunakan motor matic, pastikan untuk tidak salah memilih oli.


Gunakan Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin Untuk Perawatan Terbaik Motor Matic Anda


Demikian beberapa tips dan trik yang bisa Anda praktekkan untuk menjaga performa mesin kendaraan Anda. Apalagi jika kendaraan yang Anda gunakan adalah motor matic tentu ada beberapa hal yang harus di perhatikan.

Selanjutnya saya akan sedikit memberikan saran bagaimana cara memilih Oli Motor yang sesuai dengan kendaraan Anda. Apakah oli dari bengkel resmi atau oli apapun bisa? Berikut beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi :

1. Mengandung Zat Aditif

Motor matic banyak di gunakan oleh kaum wanita dan masyarakat perkotaan dengan lalu lintas yang padat. Sehingga, motor matic mengalami sistem penggunaan Stop Anda Go (berhenti dan jalan). 

Badan mesin motor matic berbentuk tertutup body luar motor matic dengan transmisi yang berkesinambungan. Kondisi tersebut menyebabkan mesin motor matic menjadi lebih mudah panas ketimbang motor ‘bebek’. Karenanya, motor matic membutuhkan oli yang mengandung zat adiktif dan mampu menurunkan panas mesin. Kandungan zat aditif membuat gesekan antar mesin lebih halus. 

Sehingga mesin tidak cepat panas, lebih irit bahan bakar, kerja mesin ringan dan tarikan yang lebih spontan.  Maka, penting untuk Anda mengetahui komposisi oli yang akan digunakan motor Anda, agar bisa memberikan kinerja prima.

2. Kental

Sejatinya setiap oli memiliki teksturnya masing-masing, ada yang cari seperti air dan ketnal seperti bubur. Untuk motor matic, Anda bisa menggunakan oli dengan tekstur yang pas untuk mengurangi gesekan antar mesin. 

Sebuah perusahaan otomotif yang didirikan Henry Ford dan Andrew Riker melakukan uji kekentalan pada pelumas yang beredar di pasaran. Kekentalan oli diuji pada temperatur tinggi dan rendah.

Perusahaan yang dijuluki Society of Automotive Engineers (SAE) memberikan kode kode tertentu yang menggambarkan tingkat kekentalan suatu produk pada temperature tinggi dan rendah.

Beberapa kode yang digunakan SAE adalah sebagai berikut :
  • 20W50 : Kode tersebut menunjukan produk oli mampu mengubah kekentalannya sesuai temperature. 20 winter pada suhu dingin dan pada suhu tinggi kekentalannya akan berubah menjadi SAE 50.
  • 15W40 : Berarti oli akan bersifat 15W ditemperatur rendah dan berubah menjadi SAE 40 ditemperatur tinggi.
  • 10W30 : Berarti oli dapat mengalir di suhu -30o C namun ditemperatur tinggi kekentalannya hanya berkisar 9,3cST hingga 12,5 cST.

Kode-kode tersebut bisa Anda temukan pada label dibotol oli, jadi Anda bisa membacanya sebelum menggunakan produk oli untuk kendaraan Anda. Jangan lupa untuk selalu memilih oli yang tepat untuk kendaraan Anda.

3. Bersertifikat 

Tidak mau tertipu dengan produk oli yang Anda gunakan, carilah produk oli yang sudah memiliki sertifikat. Ada dua badan yang berwenang dalam memberikan sertifikat produk oli.

Pertama, American Protoleum Institut  (API) dan yang kedua Japanese Automotive Standar Assosiation (JASO). Untuk mengetahui produk oli yang Anda gunakan bersertifikat atau tidak.

Anda bisa mencarinya terlebih dahulu di situs resmi milik perusahaan penyedia, atau melihat label yang tertera di botol oli. Sertifikat ini juga secara tidak langsung, memberikan informasi mengenai kualitas oli yang Anda gunakan.

4. Kode Jenis Mesin

Jika Anda menggunakan oli yang memiliki sertifikat dari JASO, Anda bisa melihat kode yang tertera setelah tulisan JASO pada label di botol. Kode tersebut berfungsi untuk menentukan produk oli yang sesuai dengan mesin kendaraan Anda.  

Misalnya kode JASO MA, berarti oli tersebut cocok untuk kendaraan jenis kopling basah. JASO MA juga memiliki beberapa tingkatan, yang terbaik adalah JASO MA 2. Jadi pastikan untuk memilih jenis oli dengan kode tertinggi. 

Sementara untuk Anda yang menggunakan motor matic, Anda bisa memilih menggunakan produk oli bersertifikat JASO dengan kode MB. Hal ini disebabkan karena kondisi mesin motor matic yang berbeda dengan motor kopling basah.

Itulah beberapa kondisi produk oli yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan ingin menggunakan oli apa untuk kendaraan Anda. Tidak harus oli yang mahal, tapi pastikan sesuai dengan kondisi motor Anda.
Berganti-ganti menggunakan produk oli yang berbeda juga menimbulkan bekas yang tidak baik pada mesin kendaraan Anda. Mesin bisa saja mengalami penimbunan kerak pada dinding mesin akibat berganti-ganti dalam menggunakan produk oli.

Setiap produk oli memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri, masing-masing memiliki komposisi yang berbeda. Sehingga ketika kita berganti-ganti produk akan menimbulkan kerak yang membuat dinding mesin menjadi kotor. Dinding mesin yang kotor menimbulkan endapan pelumas akibat dari cairan pelumas yang tidak tercampur sempurna. Endapan ini kemudian menghambat kinerja mesin dan menurunkan tenaga mesin secara berangsur-angsur. 

Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin


Jika saat ini Anda menjadi bingung ingin menggunakan produk Oli Motor Matic apa untuk kendaraan matic Anda. Cobalah menggunakan produk Federal Matic Spesialis Dingin yang bisa Anda temui di bengkel dan di pasaran. 

Kenapa harus Federa Matic? Karena oli Federal Matic 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel dan menawarkan perawatan mewah dengan harga murah untuk motor matic kesayangan Anda.

Beberapa hal yang ditawarkan Federal Matic untuk Anda adalah :

1.    Hemat Bahan Bakar

Seperti yang sudah banyak disinggung sebelumnya, dalam sebuah mesin terdapat bagian-bagian yang saling bergesekan. Berada di jalanan yang padat dengan mesin yang terus bergesekan membuat mesin mudah panas.

Mesin yang mudah panas akan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat. Kinerja mesin yang bekerja di bawah standarnya secara tidak langsung membuat Feders akan terus memutara selongsong gas yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Dengan memilih Federal Matic 2x Revolusi Dingin akan melumasi seluruh bagian mesin yang saling bergesekan menjadi lebih dingin. Sehingga kinerja mesin akan sesuai standar dan bisa lebih menghemat bahan bakar.

2.    Tarikan Enteng 

Ketika mesin yang bergesekan terlumasi dengan benar dan kondisi mesin yang tetap dingin. Mesin terjaga secara optimal dan kotoran pada mesin di ikat, mesin akan bekerja secara maksimal.

Jika semua mesin sudah bekerja secara optimal dan gesekan antar mesin sudah diminimalisir dengan pelumasan yang sempurna. Secara otomatis, tarikan mesin akan menjadi lebih enteng nyaman untuk dikendarai.

3.    Oli Tidak Mudah Berkurang 

Sekali lagi, panasnya mesin akibat gesekan dan pelumasan yang tidak sempurna memberikan dampak buruk bagi kinerja kendaraan Anda. Kondisi mesin yang buruk tidak akan berkompromi dengan kualitas oli yang buruk juga.

Hasilnya, kinerja mesin motor Anda menjadi tidak maksimal, selain itu penguapan oli juga sering terjadi pada pelumas dengan kualitas yang buruk. Feders baru akan menyadarinya saat jadwal pergantian oli.

Oli yang dikuras dari mesin akan berkurang jumlahnya dari jumlah oli yang seharusnya di kuras. Padahal pergantian oli sudah dilakukan sesuai jadwal. Itulah mengapa penting untuk memilih pelumas yang berkualitas untuk kendaraan Anda. 

Salah satunya adalah Federal Matic Spesialis Dingin, yang tidak hanya bertugas melumasi seluruh mesin tapi juga memberikan paket lengkap sebagai pelumas. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk segera beralih ke Federal Matic Spesialis Dingin.

Jika saat ini Anda masih menggunakan oli selain Federal Matic Spesialis Dingin untuk motor matic Anda. Segera datang ke bengkel utuk membersihkan kerak kotoran dari oli lama Anda dan beralihlah menggunakan Oli Motor Terbaik Federal Matic Spesialis Dingin. Seperti uji coba yang pernah di lakukan dalam acara ‘Endurance Journey With Federal Oil, mesin kendaraan menjadi lebih enteng setelah beralih menggunakan Federal Oil selama lebih dari 3000 Km perjalanan.

Sayangilah kendaraan Anda dengan memberikan perawatan terbaik dengan menggunakan Federal Matic Spesialis Dingin. Jadi, Anda tidak perlu takut mengalami masalah mesin bahkan ketika melakukan perjalanan jauh seperti mudik atau travelling.


HEAT PROTECTION FORMULA yang ada di FEDERAL MATIC SPESIALIS DINGIN bisa bikin motor lo 2X LEBIH EFEKTIF KONTROL PANAS! Juga bisa bikin motor lo LEBIH KENCANG dan pastinya LEBIH BANDEL !

Oli Federal Matic juga memiliki beberapa bahan khusus yang menjadi unggulan mereka karena terbukti memberikan perlindunga kepada mesin kendaran Anda. Beberapa bahan yang menjadi komposisi dasar Federal Matic adalah :
  1. Vioscelastic Molecules : Berfungsi untuk meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin.
  2. Active Moly : Melindungin gesekan antara komponen mesin sehingga menjaga suhu mesin agar tetap dingin.
  3. Double ACT Cleaner : Membersihkan kotoran yang tertinggal di komponen mesin, sehingga menjadikan kinerjanya lebih optimal.

Bagaimana? Masih belum tertarik juga untuk menggunakan Federal Matic Spesialis Dingin? Jangan berfikir panjang lagi, Gunakan Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin Untuk Perawatan Terbaik Motor Matic Anda karena dengan semua fasilitas yang diberikan, Federal Matic masih bisa dijangkau dengan harga yang merakyat.

1 komentar: